Al Haliim Blog

Dakwah Islam, Kisah Islami, Cerita Inspiratif, Motivasi

Thursday 22 September 2016

Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang

Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang - Hallo sahabat Al Haliim, Pada sharing kali ini yang berjudul Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang, saya telah menyediakan informasi dari awal sampai akhir yang dirangkum dari berbagai sumber. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. Baiklah Sahabat, langsung aja ni dia informasinya.

artikel : Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang
Pada suatu kesempatan sebelum wafatnya, Buya Hamka ( nama pena Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah) seorang Ulama Besar dari Minang yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, dan juga merupakan Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau pernah memberikan nasihat bagi Ummat Islam Indonesia khususnya para pemuda.

Beliau berpesan bahwa seorang muslim haruslah memiliki pribadi yang berani, bersemangat, mandiri dan tidak selalu bergantung kepada orang lain. Beliau mengutip kisah yang sangat termasyur dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. diriwayatkan bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW memasuki masjid.

Tiba-tiba ada seorang pemuda yang sudah duduk lama di dalam masjid, pemuda itu bernama Abu Umamah. Rasulullah SAW bertanya kepadanya : "Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk di masjid pada waktu-waktu di luar shalat?" Abu Umamah menjawab, "Aku sedang dilanda kesusahan dan dililit hutang-hutang wahai Rasulullah."

Rasulullah kemudian bersabda kepadanya, "Ketauhilah aku akan mengajarkan kepadamu ucapan yang apabila engkau mengucapkannya, maka Allah SWT akan menyingkirkan kesedihan dan membayarkan hutang-hutangmu. Ucapkanlah pada waktu pagi dan sore.

" اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

"Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kegelisahan dan kesedihan. Aku berlindung kepada Engkau dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada Engkau dari sifat pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia."


Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas semua hutangku." (HR Abu Dawud 4/353) Doa ampuh yang diajarkan Nabi shollallahu ’alaih wa sallam kepada Abu Umamah radhiyallahu ’anhu merupakan doa untuk mengatasi problem hutang berkepanjangan.


Demikianlah Informasi tentang Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang

Sekian Artikel Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda semua. baiklah, Itulah postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Jangan Lupa Share Ke Media Social.

Tag : , , , ,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nasihat Buya Hamka : Doa Bagi Yang Hidupnya Selalu Dirundung Kesedihan dan Galau, Serta Terlilit Hutang

0 comments:

Post a Comment