Al Haliim Blog

Dakwah Islam, Kisah Islami, Cerita Inspiratif, Motivasi

Monday 5 September 2016

Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum?

Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum? - Hallo sahabat Al Haliim, Pada sharing kali ini yang berjudul Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum?, saya telah menyediakan informasi dari awal sampai akhir yang dirangkum dari berbagai sumber. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. Baiklah Sahabat, langsung aja ni dia informasinya.

artikel : Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum?
Di antara nikmat yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya adalah dijadikannya waktu-waktu tertentu menjadi waktu-waktu yang diutamakan oleh Allah, sehingga kita sebagai hamba dianjurkan untuk memperbanyak amal pada waktu-waktu tersebut.

Di antara waktu yang diutamakan oleh Allah adalah sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah (diperkirakan 1  Dzulhijjah 1435 bertepatan pada Jum’at, 26 September 2014 –red). Ada beberapa amalan yang kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukannya pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah tersebut.

Keutamaan sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Keterangan mengenai keutamaan sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah bisa kita dapati di dalam ayat Al Qur’an maupun di dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah berfirman (yang artinya), “Dan demi malam yang sepuluh.” (QS. Al Fajr : 2)

Para ahli tafsir menjelasakan bahwa diantara makna ‘malam yang sepuluh’ pada ayat tersebut adalah sepuluh hari pertama pada Bulan Dzulhijjah. Dalam Tafsir Juz ‘Amma dikatakan makna sepuluh malam terakhir tersebut adalah sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah. Memaknai kata ‘malam’ dengan makna ‘hari’ bukanlah penafsiran yang aneh karena dalam bahasa arab terkadang kata ‘malam’ memang bisa dimaknai dengan ‘hari’, dan kata ‘hari’ terkadang bisa dimaknai dengan ‘malam’.

Perlu diketahui, Allah tidaklah memilih sesuatu yang digunakan untuk bersumpah kecuali sesuatu yang memiliki keutamaan atau keagungan. Dalam ayat tersebut, Allah menggunakan sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah untuk bersumpah. Hal ini menunjukkan keutamaan dan keagungan sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah.

Adapun di antara hadits yang menunjukkan tentang keutamaan sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari yang sepuluh ini (yaitu sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah).”

Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah?”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Bukhari)

Di antara penyebab diutamakannya sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah adalah karena di dalamnya terdapat hari ‘Arofah (tepatnya pada 9 Dzulhijah).  Hari ‘Arofah adalah hari yang sangat mulia di dalam Islam, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari ‘Arofah (yaitu untuk orang yang berada di ‘Arofah). Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman : ‘Apa yang diinginkan oleh mereka?’ ” (HR. Muslim)

Dianjurkan Memperbanyak Amalan

Hendaknya setiap muslim dan muslimah menyibukkan diri pada sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah dengan banyak melakukan amal ketaatan dalam rangka memanfaatkan kesempatan yang mulia ini. Setiap amalan yang dilakukan pada waktu ini akan dilipatgandakan. Bahkan sebuah amalan yang kurang utama pun jika dilakukan pada waktu ini akan menjadi amalan yang utama. Mujahid mengatakan, “Amalan di sepuluh hari pada awal Bulan Dzulhijah akan dilipatgandakan.”

Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan

Berikut di antara amalan yang bisa kita lakukan pada sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah :
1. Haji dan Umroh bagi yang mampu
2. Memperbanyak melakukan puasa, meskipun berturut-turut (pendapat Imam Nawawi rahimahullah)
3. Puasa pada hari Arafah
4. Perbanyak dzikrullah, dengan membaca tasbih, tahmid, tahlil, takbir pada 10 hari pertama + 3 hari tasrik
 Memperbanyak istighfar, lebih-lebih pada tanggal 9 Dzulhijjah
5. Melakukan shalat Ied
6. Menyembelih hewan qurban bagi yang mampu

Penutup

Demikian banyaknya amalan yang bisa kita lakukan pada sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah. Semoga kita diberi semangat dan kesempatan oleh Allah Ta’ala untuk bisa melakukannya dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan-Nya. Aamiin.


Rujukan : Taisir Karimirrohman fii Tafsir Kalamil


Demikianlah Informasi tentang Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum?

Sekian Artikel Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum?, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda semua. baiklah, Itulah postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum? Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Jangan Lupa Share Ke Media Social.

Tag : , ,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Amalan-Amalan Utama Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah,Sudah Tahu Belum?

0 comments:

Post a Comment