Al Haliim Blog

Dakwah Islam, Kisah Islami, Cerita Inspiratif, Motivasi

Thursday 18 August 2016

Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya

Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya - Hallo sahabat Al Haliim, Pada sharing kali ini yang berjudul Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya, saya telah menyediakan informasi dari awal sampai akhir yang dirangkum dari berbagai sumber. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. Baiklah Sahabat, langsung aja ni dia informasinya.

artikel : Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya
subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim”, maksudnya “maha suci allah dengan seluruh puji bagi - nya, maha suci allah yang maha agung. ”

zikir dengan memakai lafal “subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim” merupakansalah satu kalimat yang banyak diajarkan di dalam hadits - hadits nabi saw, antara lain bagaikan berikut:

1) rasulullah saw bersabda : “dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan juga disukai oleh (allah) yang maha pengasih, ialah kalimat subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘azhim (mahasuci allah dan juga seluruh puji bagi - nya, mahasuci allah yang maha agung). ” (hr bukhari 7/168 dan juga muslim 4/2072) ;

2) rasulullah saw bersabda : “sesungguhnya sebaik - baik perkataan kepada allah swt merupakan kalimat subhanallah wa bihamdihi. ” (hr muslim dan juga tirmidzi).

3) diriwayatkan dari abi dzar. rasulullah sempat ditanya, “perkataan apa yang amat utama? ” dia menanggapi, “yang diseleksi oleh allah untuk para malaikat dan juga hamba - hamba - nya, ialah subhanallah wabihamdihi (mahasuci allah dengan seluruh puji bagi - nya). ” (hr muslim).

4) rasulullah saw bersabda : “barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi seratus kali dalam satu hari, dia hendak diampuni seluruh dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut. ” (hr muslim dan juga tirmidzi)

5) ibnu umar ra meriwayatkan kalau sesuatu kala rasulullah saw mengatakan kepada para teman - temannya, “ucapkanlah subhanallah wa bihamdihi sebanyak seratus kali. barangsiapa mengucapkannya satu kali hingga tertulis menurutnya 10 kebaikan, barangsiapa mengucapkannya 10 kali hingga tertulis menurutnya seratus kebaikan, barangsiapa mengucapkannya seratus kali hingga tertulis menurutnya seribu kebaikan, barangsiapa menambahnya hingga allah juga hendak menambahnya, dan juga barangsiapa meminta ampun, tentu allah hendak mengampuninya. ”

6) dalam kitab “syarhul washiyah” diterangkan suatu hadits menimpa keutamaan dzikir subhanallah wa bihamdihi. dikatakan kalau kalimat subhanallah wa bihamdihi merupakan kalimat yang amat dicintai allah swt dan juga menggambarkan kalimat yang amat utama dari kalimat - kalimat yang lain.

barangsiapa mengucapkannya hingga hendak tertulis menurutnya kebaikan yang banyak dan juga allah hendak menghapus dosa orang yang mengucapkannya walaupun dosa orang tersebut lebih banyak daripada buih yang terdapat di lautan.

7) dalam musnad imam ahmad dikisahkan kalau kala menjelang ajal rasulullah saw, dia memanggil putrinya dan juga mengatakan, “aku perintahkan engkau supaya senantiasa mengucapkan subhanallah wa bihamdihi, karna kalimat tersebut menggambarkan doa segala makhluk dan juga dengan kalimat seperti itu seluruh makhluk menemukan limpahan rezeki. ”


8) abu dzar mengatakan, “aku bertanya kepada rasulullah saw amal apakah yang amat dicintai allah swt. dia menanggapi, ‘yang telah diseleksi allah buat para malaikat - nya, ialah subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim. ”

9) diriwayatkan dalam “shahih bukhari” kalau sesuatu kala tiba seseorang lelaki mengeluhkan keadaannya kepada rasulullah saw. dia mengatakan, “dunia ini telah berpaling dariku dan juga yang telah kuperoleh dari tanganku sangat sedikit. ” rasulullah saw bertanya kepadanya, “apakah engkau tidak sempat membaca doanya para malaikat dan juga tasbihnya segala makhluk yang dengan itu mereka menemukan limpahan rezeki? ” lelaki itu bertanya, “doa apakah itu wahai rasulullah? ”

rasulullah saw menanggapi, “subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim, dan juga beristighfarlah kepada allah sebanyak seratus kali diantara waktu terbitnya fajar sampai menjelang waktu shalatmu, dengan itu dunia hendak tunduk dan juga merangkak mendatangimu, dan juga allah menghasilkan dari tiap kalimat tersebut malaikat yang senantiasa bertasbih kepada allah sampai hari kiamat dan juga untukmu pahalanya. ”

10) dalam hadit riwayat imam muslim, zikir dengan perkataan lafal “ subhanallahi wa bihamdihi ‘adada khalqihi, wa ridhaka nafsihi, wa ziinata ‘arsyihi, wa midada kalimatihi’ (maha suci allah dan juga seluruh puji menurutnya sebanyak bilangan makhluknya, dan juga sebesar ridha pribadinya, dan juga seberat ‘arasy - nya, dan juga sebanyak hitungan kalimatnya). ’ (hadis riwayat muslim)

sahabatku…

hadits - hadits di atas sudah cukup menampilkan bobot yang dipunyai dalam kalimat “subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim”. suatu kalimat yang gampang buat diucapkan ataupun dihafal. terlebih lagi, untuk seseorang muslim yang buta huruf pula amat gampang buat dipelajari.

tidak menutup mungkin kalau allah mau mengarahkan kepada hamba - hamba - nya yang ikhlas beribadah kepada - nya buat mampu melaksanakan ibadah meski dengan kalimat yang ringan dan juga gampang buat diucapkan.

kalimat “subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim” menggambarkan kalimat yang penuh khasiat. isi hikmah yang ada dalam lafal tersebut bila dibanding dengan apa juga tidak hendak mampu tertandingi.



(sumber: 1vsi. com)




Demikianlah Informasi tentang Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya

Sekian Artikel Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda semua. baiklah, Itulah postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Jangan Lupa Share Ke Media Social.

Tag : , ,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbanyaklah Zikir Membaca Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim, Baca Penjelasannya

0 comments:

Post a Comment