Al Haliim Blog

Dakwah Islam, Kisah Islami, Cerita Inspiratif, Motivasi

Tuesday 19 July 2016

Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal..

Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal.. - Hallo sahabat Al Haliim, Pada sharing kali ini yang berjudul Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal.., saya telah menyediakan informasi dari awal sampai akhir yang dirangkum dari berbagai sumber. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. Baiklah Sahabat, langsung aja ni dia informasinya.

artikel : Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal..
Seringkali kita sebagai anak merasa memiliki dosa pada orang tua, sedangkan pada situasi orang tua yang sudah meninggal kita kadang tidak tahu cara meminta maaf pada beliau.

Tersebut dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Apabila anak Adam meninggal, maka akan terputus amalnya melainkan tiga perkara, shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholih yang mendoakan orang tuanya.

Dari hadits di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap anak masih bisa mengaplikasikan kebaktiannya pada orang tua yang telah meninggal melalui berbagai car di antaranya:

Shadaqah
Shadaqah bisa diatasnamakan ayah atau ibu. Tentu kita tidak bisa mengukur berapa meteri yang telah beliau curahkan semasa hidupnya untuk



kehidupan anaknya. Cara inilah yang mampu kita lakukan agar apa yang kita shodaqohkan merupakan bentuk bakti kita dan mengalir pula pahala shodaqoh itu untuk kedua orang tua kita.

Dengan menuntut ilmu dan mengamalkannya
Seperti sabda Nabi Muhammad bahwa ilmu tak akan habis bila dibagikan. Terlebih ilmu itu membawa manfaat bagi orang lain. Membagi ilmu tidak hanya dalam praktek kiyai kepada santri, guru kepada murid, atau pengabdian kepada masyarakat. Sebagai contoh keaktifan andadalam organisasi kemasyarakatan dan keagamaan juga termasuk memanfaatkan ilmu untuk orang lain, misalnya: PKK, Posyandu, dll. Bahkan seorang ibu rumah tanggapu bisa memanfaatkan ilmunya pada buah hati. Bila ilmu kita bermanfaat, bukankah orang tua kita bangga di sana? Juga pahala tersebut selain pada diri kita tentunya akan mengalir pula bagi kedua orang tua kita.

Selalu mendoakan mereka
Selain berdoa agar dosa-dosa kita kepada mereka diampuni, berdoalah agar Allah SWT melindungi dan menyayangi mereka sebagaimana kasih sayang beliau kepada kita semasa kita kecil. Berdoalah pula gar dosa-dosa beliau semasa hidup diampuni, Insya Allah doa anak yang sholih akan sampai ketika itu kita lakukan dengan penuh ketulusan den keikhlasan



Sumber : muslimahcorner.com


Demikianlah Informasi tentang Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal..

Sekian Artikel Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal.., mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda semua. baiklah, Itulah postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal.. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih Telah Berkunjung dan Jangan Lupa Share Ke Media Social.

Tag : , ,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua, Jika Mereka Sudah Meninggal..

0 comments:

Post a Comment